Informasipromkes

HARI KANKER PAYUDARA SEDUNIA

ISI POST

26 Oktober
Diperingati sebagai Hari Kanker Payudara Sedunia. Kanker payudara bukan kasus yang ringan karena penyakit ini merupakan penyebab kematian terbesar kedua pada wanita setelah kanker serviks atau leher rahim menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
Pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI dilakukan dengan menggunakan tangan dan penglihatan untuk memeriksa apakah ada perubahan fisik pada payudara. Proses ini dilakukan agar semua perubahan yang mengarah pada kondisi serius bisa segera ditangani.
Penting untuk menyadari bagaimana bentuk normal payudara dan ada tidaknya perubahan dari waktu ke waktu. Payudara umumnya akan terasa berbeda di masa menstruasi. Sebelum dan selama periode ini, kebanyakan wanita akan merasa payudaranya menjadi lebih kencang dan padat. Memasuki masa menopause payudara akan terasa lebih kendur dan lembut.
Namun ada perubahan tertentu yang perlu diwaspadai karena dapat menjadi indikasi adanya penyakit. Pemeriksaan payudara sendiri umumnya bertujuan untuk mengetahui bentuk payudara normal, menyadari ada tidaknya perubahan pada payudara, dan agar perubahan apapun dapat segera dikonsultasikan dan tidak terlambat ditangani.
Info lebih lanjut Neng Ratih (+62 812-3392-2497)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *