ArtikelKegiatan Puskesmaspromkes

Menjadi Relawan Covid ? Kenapa Tidak

Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang terjadi Indonesia dirasa memberikan dampak yang cukup signifikan baik dari segi ekonomi, sosial, politik, pertanian, pendidikan bahkan kesehatan. Terjadi Lonjakan jumlah pasien di berbagai penyedia jasa kesehatan akibat COVID-19 di Indonesia membuat tenaga medis yang berperan sebagai garda terdepan menjadi kewalahan dan tentunya bantuan tenaga dari masyarakat sangat dibutuhkan di masa seperti ini, oleh karenanya saat ini banyak intansi, khususnya di bidang kesehatan membuka lowongan bagi para tenaga relawan secara sukarela maupun berbayar.

Hal tersebut sebenarnya memberikan dua keuntungan baik untuk tenaga medis maupun relawan karena selama masa pandemi COVID-19 pemerintah telah membuat kebijakan-kebijakan baru dalam upaya penekanan angka penularan COVID-19. Saat ini pemerintah telah menetapkan untuk meliburkan seluruh jenjang pendidikan mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA bahkan perguruan tinggi. Kebijakan tersebut banyak dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk berpartisipasi sebagai relawan. Puskesmas Kedungkandang selama masa pandemi ini juga mamberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk ikut andil dan berpartisipasi sebagai relawan di Puskesmas tersebut. Relawan yang berada di puskesmas ditempatkan sesuai dengan keahlian di bidang masing-masing.

Saat ini terdapat satu mahasiswa tingkat akhir dari Universitas Airlangga yang merupakan warga asli Kecamatan Kedungkandang secara sukarela mendaftarkan diri sebagai relawan di bidang promosi kesehatan Puskesmas Kedungkandang, disini mahasiswa dapat membantu melaksanakan program promosi kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah seperti membuat media promosi kesehatan, terjun langsung memberikan bantuan pada masyarakat, advokasi pada pemerintah setempat seperti kelurahan dan kecamatan, membantu tenaga medis melakukan cek point, dan masih banyak lagi kegiatan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa tersebut. Mahasiswa yang terjun sebagai relawan tentu tidak serta merta langsung diterjunkan tanpa pembekalan, puskesmas juga menyediakan pembimbing yang mengarahkan relawan sebelum terjun untuk melaksanakan program.

Menjadi  relawan dirasa memberikan manfaat yang tak ternilai harganya, karena dengan terjun sebagai relawan mahasiswa dapat berinteraksi secara langsung dengan masyarakat serta tenaga medis yang berjuang untuk melawan pandemi COVID-19, manfaat lain yang didapat adalah relawan dapat membantu memberikan upaya promotif dan preventif bagi warga yang tinggal disekitar rumah relawan. Menjadi relawan bukan sarana untuk mendekatkan diri terhadap penularan Covid-19, masyarakat yang ingin menjadi relawan tidak perlu ragu dan risau karena Puskesmas telah menyediakan protokol yang wajib untuk dipatuhi dan diterapkan bagi seluruh tenaga medis maupun pasien yang berada di lingkungan Puskesmas Kedungkandang. Bagi masyarakat yang ingin membantu menjadi garda terdepan dalam melawan pandemi COVID-19, silahkan hubungi nomor yang tertera di akun media sosial kami atau telpon (0341) 710112/718166.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *