Kegiatan Puskesmaspromkes

Apel Pagi

APEL PAGI sebagai sarana membangun KOMITMEN dan DISIPLIN PEGAWAI

KOMITMEN dan DISIPLIN PEGAWAI merupakan salah satu unsur suksesnya sebuah Puskesmas Kedungkandang dalam menjalankan kinerjanya. Pada sebuah organisasi seperti puskesmas, hal tersebut justru lebih penting/dominan karena landasan awal yang kuat pada aspek KOMITMEN dan DISIPLIN PEGAWAI akan memudahkan di dalam penanaman visi, misi dan sasaran program Puskesmas sehingga prosentase pencapaian kinerja Psukesmas Kedungkandang bisa terkordinir dengan baik.

Untuk mengimplementasikan KOMITMEN dan DISIPLIN PEGAWAI tersebut, Puskesmas Kedungkandang menerapkan langkah dengan melakukan APEL PAGI setiap hari senin hingga kamis yang melibatkan seluruh elemen yang ada di Puskesmas Kedungkandang.

Dalam kegiatan APEL PAGI, yang diutamakan adalah KEDISIPLINAN mengikuti APEL dan KOMITMEN untuk selalu secara bersama membaca, memahami dan menerapkan VISI dan MISI PUSKESMAS KEDUNGKANDANG. Disamping itu, kesempatan APEL PAGI juga dimanfaatkan oleh PEGAWAI Puskesmas Kedungkandang dalam kordinasi singkat serta  memberikan arahan-arahan yang diperlukan dan bersifat motivasional kepada seluruh elemen yang ada di Puskesmas Kedungkandang.

Kegiatan ini dirasakan cukup efektif, terbukti adanya peningkatan disiplin pegawai tidak hanya terkait jam masuk dan pulang kerja saja tetapi juga disiplin dalam penyelesaian pekerjaan dan target-target yang menjadi tanggung jawabnya tanpa mengeluhkan jam kerja yang dijalani.

Bukti lain efektifnya kegiatan APEL PAGI adalah semakin meningkatnya komitmen untuk menjadikan Puskesmas Kedungkandang menjadi yang paling prima dalam pelayanan dan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Sesuai dengan Budaya Mutu yaitu SIIPP (SENYUM, INFORMATIF, INTEGRATIF, PROFESIONAL DAN PRIMA), hal ini semakin terlihat dengan dukungan lingkungan kerja yang saat ini menyatu dalam 1 lantai/ruangan sehingga komitmen tersebut langsung diwujudkan dalam bentuk koordinasi yang semakin mudah, intens dan efektif antar lintas program.

Ternyata APEL PAGI bukan hanya sekedar berkumpul, berbaris rapi, hormat, laporan dan tata urutan protokoler lain seperti pada umumnya, namun dapat juga digunakan sebagai media positif untuk membangun dan mencapai tujuan dalam Motto Puskesmas yaitu SEHAT UNTUK SEMUA seperti yang telah dilakukan secara rutin dan konsisten oleh PUSKESMAS KEDUNGKANDANG.

Apapun medianya, bagaimanapun caranya, asal diniatkan demi kebaikan niscaya akan ditemukan nilai nilai kebaikan di dalamnya.

PUSKESMAS KEDUNGKANDANG…. SIIPP….!!!

Koordinasi oleh kepala TU ibu Maria Eci untuk semua lintas program

 

Pembina apel oleh Dr. Yulia Damayanti, MMRS (Kepala Puskesmas Kedungkandang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *